Tampilkan postingan dengan label Property. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Property. Tampilkan semua postingan

Minggu, 08 Mei 2022

10 Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

 


       Jenis usaha apa saja yang menjanjikan di tahun 2022 ? terlebih dikondisi saat ini kebanyakan orang terpaksa berkegiatan dirumah, adakah usaha rumahan yang menjanjikan dan tidak ada matinya yang bisa dijalankan di tahun 2022. Mau tau ?

       Baca artikel blog ini sampai selesai. Peluang usaha rumahan ternyata banyak memberi untung berkali-kali lipat. Kamu bisa bekerja di rumah dan mendapatkan keuntungan sendiri. Tidak sedikit orang yang sukses menggarap usaha rumahan. Sudah banyak contoh pebisnis makanan ringan hingga jual jasa yang bisa meraup untung besar-besaran perbulannya. MJika Kamu tertarik, Ini dia beberapa peluang usaha rumahan yang bisa kamu coba.

1. Jasa Konsultan dan SEO Writer. Punya keahlian dalam menulis artikel? Coba buka usaha rumahan jasa menulis artikel SEO friendly. Jasa ini akan sangat dibutuhkan bagi mereka yang membutuhkan traffic dari mesin pencari seperti Google. Membuka usaha jasa ini bisa Kamu lakukan hanya di rumah saja. Kamu bisa mulai belajar mendalami cara menulis artikel sesuai dengan standar SEO untuk meraup keuntungan dari bisnis jasa satu ini.

2. Laundry Kiloan. Saat ini sudah banyak orang-orang yang lebih menyukai hal-hal yang praktis. Dengan banyaknya kesibukan, orang lebih memilih untuk membeli waktu orang lain agar bisa mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Salah satu pekerjaan rumah yang bisa dijadikan usaha rumahan yang berpotensial adalah mencuci baju. Membuka usaha laundry kiloan bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

 3. Youtuber, Tiktoker dan Selebgram. Jangan hanya buka media sosial untuk sekedar melihat konten-konten yang Kamu suka. Cobalah untuk membuat konten sendiri dan memaksimalkan manfaat dari media sosial. Untuk menjadi seorang seleb media sosial tentu Kamu harus memikirkan konsep kreatif dan target audiens yang akan diraih. Jika sudah menemukan keunikan tersendiri dari konten Kamu yang memikat banyak penonton, di situ lah peluang keuntungan terbuka lebar.

4. Buka Usaha Catering.Bagi Kamu yang hobi masak, jangan buang skill emas itu, Manfaatkan dengan tambahan usaha rumahan catering. Usaha ini sangat memiliki potensi keuntungan yang besar. Sudah terbukti banyak usaha di bidang makanan yang bisa meraup keuntungan banyak. Apalagi dengan bantuan media sosial. Jasa catering sangat banyak dibutuhkan, mulai dari acara keluarga, rapat kantor, kebutuhan makan siang karyawan, catering diet hingga catering acara pernikahan.

5. Bisnis Online. Teknologi yang semakin canggih membuat kita lebih mudah untuk mengembangkan usaha rumahan yang kita miliki. Contohnya dengan beralih ke bisnis online shop. Apalagi sekarang sudah didukung dengan banyaknya marketplace yang menjadi penyambung lidah antara pemilik bisnis dan pembeli. Di dunia online, Kamu bisa meraih banyak konsumen lebih luas lagi. Contohnya dengan membuka bisnis online shop di Tokopedia dan Shopee. Ditambah mengenalkan produk menggunakan media sosial.

6. Jasa Jahit Pakaian. Jangan meremehkan kemampuan menjahit pakaian. Dengan kemampuan ini, Kamu bahkan bisa sampai membuka konveksi besar untuk terus mengembangkan potensi bisnis dan meraup keuntungan yang banyak. Baju merupakan kebutuhan primer yang tentunya akan terus dibutuhkan selama masih hidup. Jadi, berbisnis pada jasa jahit akan memberikan keuntungan jangka panjang.

 7. Bisnis Thrift Shop. Semenjak pandemi Covid 19, tren menjual baju second atau thrift shop mulai bermunculan. Tenang saja, baju yang dijual tentunya adalah baju yang masih layak untuk dipakai. Bisnis ini tidak memerlukan modal besar sehingga akan cocok untuk menjadi pilihan usaha bagi anak muda. Thrift shop banyak bermunculan di media sosial dengan harga baju yang lebih murah.

8. Bisnis Sembako. Menjual kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak, telur, bumbu dapur dan lain-lainnya tentu memiliki peluang tinggi untuk menghasilkan keuntungan. Bisnis sembako yang dikelola dengan benar akan menciptakan usaha rumahan yang tidak akan mati. Bagaimana bisa mati? Masyarakat akan selalu membutuhkan sembako di kehidupan sehari-harinya.

 9. Top Up dan Jual Akun Game. Sama halnya dengan jual pulsa dan paket, jual akun game dan top up game juga berpotensi memiliki untung yang berkali-kali lipat. Dari pada Kamu hanya berfokus main game saja, mending manfaatkan wadah tersebut untuk menjadi ladang cuan. Contohnya dengan menjual akun game yang sudah dilengkapi dengan karakter level tinggi dan item-item canggih. Atau membuka usaha top up voucher game online untuk membeli karakter game dengan harga yang bervariatif. Selain jadi gamers, Kamu juga akan meraup keuntungan besar dari hobi ini.

10. Jasa Penerjemah. Memiliki kemampuan bahasa asing adalah anugerah yang harus dimanfaatkan secara maksimal. Misalnya dengan menjadi penerjemah. Jasa penerjemah akan sangat laku di kalangan masyarakat umum, mahasiswa hingga kebutuhan perusahaan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting sampai ke artikel jurnal. Itu dia informasi terkait pilihan usaha rumahan yang bisa Kamu jalani. Masih banyak usaha rumahan yang bisa Kamu jalani sesuai dengan kemampuan atau skill yang Kamu miliki.


Sabtu, 30 April 2022

Lebih untung beli KPR Subsidi atau KPR Non Subsidi? Yuk kulik dan kenali 13 perbedaannya



Selamat pagi semuanya...

     Untuk kaum muda yang mau rumah subsidi atau non subsidi ya Kamu bingung menentukan skema cicilan KPR subsidi atau non subsidi belum tahu apa aja bedanya

     Yuk simak di blog omah sipil kita bedah sama-sama antara KPR subsidi dan KPR non subsidi (komersil)

     KPR subsidi adalah kredit pemilikan rumah yang mendapatkan bantuan dari pemerintah baik uang muka atau suku bunga sementara KPR non subsidi adalah kredit pemilikan rumah yang dilakukan bank konvensional kepada masyarakat Lantas apa saja perbedaannya, Enak dong tuh yang subsidi Dapat bantuan uang muka sama suku bunga kali tidak semua masyarakat bisa mendapatkan KPR subsidi ada syarat yang harus dipenuhi berikut perbedaan adalah

     KPR subsidi dan nonsubsidi dari segi syarat:

1.untuk yang subsidi harus WNI yang berdomisili di Indonesia untuk non subsidi juga WNI yang berdomisili di Indonesia

2.Untuk subsidi usia minimal 21 tahun atau telah menikah untuk nonsubsidi usia minimal 18 tahun atau telah menikah

3.Untuk subsidi masa kerja atau minimal telah memiliki usaha selama satu tahun dan untuk nonsubsidi berstatus karyawan pengusaha atau profesional untuk karyawan memiliki masa kerja minimal 1tahun dan pengalaman minimal 2 tahun untuk pengusaha dan profesional minimal telah menggeluti bidangnya selama minimal dua tahun

4. syarat pengajuan selanjutnya untuk subsidi belum pernah memiliki rumah pribadi untuk non-subsidi itu bebas saja selama lolos Bye checking.

5.Untuk subsidi belum pernah mendapatkan subsidi kepemilikan rumah dari pemerintah 6.untuk rumah subsidi penghasilan perbulan maksimal empat juta rupiah untuk rumah tapak dan tujuh juta rupiah untuk rumah susun selanjutnya untuk subsidi memiliki NPWP SPT dan PPh.

6.Untuk subsidi ketika kredit telah lunas maksimal usia karyawan 60 tahun dan profesional 65 tahun sementara untuk non subsidi maksimal karyawan usia 55 tahun dan profesional 65 tahun.

7.Untuk harga rumah subsidi dari pemerintah membuat rumah subsidi harganya jadi lebih terjangkau daripada rumah non-subsidi nah perbedaannya kalau harga rumah subsidi harga diangka 150-170 juta rupiah sementara untuk nonsubsidi kira-kira 200 sampai 400jutaan atau bisa lebih.

8.Untuk jenis suku bunga rumah nonsubsidi itu ada bunga fix Free bunga tetap dan bunga floating rate untuk bunga tetap tidak mengalami perubahan dari awal cicilan sampai pelunasan walaupun saldo pinjaman telah berkurang jumlah cicilan yang dibayarkan akan tetap sama sementara floating rate adalah jenis suku bunga yang mengikuti perkembangan tingkat bunga di pasar uang sehingga jumlah cicilannya bisa berubah-rubah jika suku bunga di pasar uang melonjak maka cicilan pun ikut bertambah namun jika bunga di pasar uang Tengah turun maka cicilannya juga otomatis akan turun berbeda dengan nonsubsidi yang menggunakan dua jenis suku bunga tersebut untuk rumah subsidi hanya menggunakan satu jenis suku bunga yaitu fix sebesar lima persen.

9. Perbedaan dari segi luas,Untuk ukuran untuk rumah subsidi maksimal 36 M2 sedangkan kalau rumah non-subsidi bisa melebihi 36 M2

10.Perbedaan tentang fasilitas, untuk rumah subsidi itu ada kamar tidur kamar mandi dan ruang tamu ,sementara di rumah nonsubsidi ya bisa dikembangkan sesuai dengan marketing dari pengembang tersebut perbedaan

11.Perbedaan dari segi lokasi,kalau rumah subsidi itu biasanya jauh dari pusat Kota Karena tujuan dari rumah subsidi tersebut adalah untuk mengembangkan Kotabaru Nah kalau rumah nonsubsidi biasanya terletak di lokasi lokasi yang strategis,mengapa rumah subsidi jauh dari pusat Kota karena harga yang dipatok dari pemerintah pun sudah fix misalnya 150-160 juta untuk tipe 36 M2 nah pertanyaannya Apakah ada dengan luas 30 sampai 36 M2 di misal di Jakarta aja dengan harga tersebut yang memungkinkan ada Makanya rumah subsidi itu jauh dari pusat Kota.

 12.perbedaan selanjutnya adalah waktu Renovasi,kalau rumah subsidi boleh direnovasi setelah dihuni selama dua tahun kalau untuk nonsubsidi tergantung kebijakan dari pengembang.

13.perbedaan selanjutnya agar tepat sasaran rumah subsidi itu tidak boleh disewakan atau dijual sedangkan untuk sementara nonsubsidi bebas-bebas saja sebab rumah subsidi ini merupakan hasil subsidi dari pemerintah supaya subsidi ini tepat sasaran maka masyarakat harus menempati rumah tersebut apabila masyarakat menyewakan atau menjual rumah tersebut ada sanksi yang dikenakan apa saja sangsinya menyewakan rumah subsidi atau menjualnya merupakan bentuk pelanggaran atas kewajiban pembeli pada pemerintah jika hal ini anda lakukan Bersiaplah untuk mendapatkan sanksi tegas dari pemerintah sanksi yang dikenakan bagi pelanggar ialah pembatalan pembelian dan pengembalian rumah kepada pemerintah anda pun harus kembali semua fasilitas pembiayaan yang telah diterima selain pengembalian rumah Anda pun dapat dipidanakan dengan denda Rp 50 juta Rupiah perihal mengenai sanksi ini sendiri telah diatur dalam pasal 152 UU Nomor 1 Tahun 2011 yang berbunyi setiap orang yang menyewakan atau mengalihkan kepemilikan atas rumah umum kepada pihak lain sebagaimana dimaksud dalam pasal 135 dipidana dengan pidana denda paling banyak 50 juta Rupiah namun ada pengecualian yang dibuat pemerintah sehingga Anda dapat menyewakan rumah subsidi menjualnya atau mengalihkan hak kepemilikannya yang pertama adalah telah menghuni dalam kurun waktu lima tahun untuk rumah 20 tahun untuk rumah susun pindah tempat tinggal karena kondisi sosial ekonomi yang meningkat terjadinya pemberian warisan termasuk jika pemiliknya meninggal dunia kepentingan bank pelaksana dalam rangka menyelesaikan kredit pembiayaan yang bermasalah di luar alasan-alasan tersebut rumah subsidi tetap harus digunakan dan manfaatkan oleh sang pembeli sendiri.

     Itulah pemaparan tentang perbedaan rumah subsidi dan nonsubsidi,jadi bisa menjadi gambaran buat kalian untuk mengambil keputusan apakah mengambil skema KPR subsidi atau KPR nonsubsidi silakan diambil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sobat. Yang pastinya harapan kami semoga sobat bisa lekas memiliki rumah impiannya agar bisa kumpul sama-sama keluarga.


Jumat, 29 April 2022

PENJELASAN TENTANG RUMAH SUBSIDI – PENTING BANGET BAGI KALIAN YANG MAU NGAMBIL RUMAH SUBSIDI


   

     Kali ini aku mau bahas tentang tips membeli rumah subsidi.Bagaimana tips-tips untuk bisa memiliki rumah subsidi?

    Pastikan dibaca sampai selesai ya,agar kalian tidak menyesal saat mau membeli rumah subsidi. Oke Langsung aja kita mulai Apa itu rumah subsidi murah subsidi adalah rumah yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau dimana pembeli rumah subsidi ini mendapatkan kemudahan untuk mengajukan KPR dengan bunga yang flet atau maksudnya flet adalah jadi cicilannya itu tidak akan naik dari awal hingga rumahnya lunas bayangin aja kalau kamu misalnya ambil rumah subsidi katakan rumah subsidi dengan tenor lima belas tahun cicilan 1 juta an ituke depan jadi dari awal hingga 15 tahun cicilan kamu itu cicilan rumah subsidi kmu segitu,tidak naik-naik jadi Itulah salah satu keuntungan memiliki rumah subsidi bunga KPR rumah subsidi itu flat karena udah disubsidi sama pemerintah dan kementerian PUPR dan kementerian PUPR itu bekerjasama dengan beberapa developer properti yang kompeten dalam membangun rumah murah jadi pemerintah itu enggak Cuma melakukan subsidi pada bahan bakar dan kebutuhan pokok ajaran tapi juga melakukan subsidi bagi cuman rakyat membeli rumah subsidi.

    Ini adalah solusi buat kamu kaum milenial yang baru memulai karir atau keluarga baru yang memiliki kebutuhan akan tempat tinggal rumah subsidi juga tepat buat masyarakat berpenghasilan rendah atau buat kamu yang gajinya cuma UMR.

    Harganya yang murah dengan DP ringan bunga flat cicilannya terjangkau tentu akan memudahkan kamu untuk memiliki rumah daripada kamu ngekos atau membayar kontrakan lebih baik kamu Cicil rumah sendiri atau udah ada rumah dengan cicilan yang sama dengan bayarin kontrakan dengan begitu impian memiliki rumah enggak cuma sebatas impian tapi menjadi sebuah kenyataan kenapa rumah subsidi.

    Untuk rumah subsidi umumnya tidak dibangun di pusat kota dengan alasannya karena harga tanah di pusat kota itu sangat mahal sehingga developer itu lebih memilih membangun rumah subsidi daerah Urban karena harga tanahnya itu masih jauh lebih terjangkau. Selain itu daerah Urban sangat cocok dijadiin tempat tinggal karena biaya hidup yang jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya hidup di perkotaan hal ini semakin membuat rumah subsidi menjadi lebih menarik untuk dimiliki.

     Sekarang kita akan bahas tentang harga rumah subsidi sesuai namanya yang merupakan rumah subsidi maka harga rumah subsidi bisa dikatakan sangat murah untuk dimiliki harga rumah subsidi umumnya berkisar antara 150 juta hingga 168 juta, namun ada juga developer yang mematok harga sampai 200 jutaan karena tergantung dari kualitas bangunannya.

    Kenapa harga rumah subsidi bisa sangat terjangkau harga rumah yang murah tersebut diakibatkan karena adanya bantuan dari pemerintah yang tidak mengenakan pajak pertambahan nilai atau PPN layaknya rumah komersial.

    Terimakasih sudah membaca sampai selesai,jangan lupa di share ke temen kalian agar artikel ini lebih bermanfaat untuk orang bayak..

 

 

Sabtu, 16 April 2022

Syarat yang harus kalian tau sebelum Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Aturan Pemerintah

 

Inilah Syarat yang harus kalian tau sebelum Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Aturan Pemerintah


Sebelum kita bahas syarat dari sebelum renovasi rumah subsidi,kalian harus tau juga apa itu Rumah subsidi?

Rumah subsidi adalah hunian dengan harga terjangkau sebagai bentuk program pemerintah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah. Biasanya, harga 1 unit rumah subsidi dipatok dengan di bawah pasaran.

Biasanya, rumah subsidi ini diperuntukkan khusus bagi masyarakat yang memiliki penghasilan tidak lebih dari Rp4 juta per bulan. Tidak hanya pemerintah saja, namun sudah banyak lembaga swasta turut mengadakan program rumah subsidi.

 

Untuk kalian yang sudah memiliki rumah bersubsidi, maka tidak bisa sembarangan dalam melakukan perombakan atau renovasi rumah. Ada beberapa hal yang menjadi larangan renovasi rumah subsidi. Tetapi, jangan khawatir, karena hal itu tidak akan membatasi kreasi renovasi rumah Anda untuk menjadi lebih menarik lagi. Inilah  syarat-syaratnya yang harus kalian lakukan sebelum renovasi rumah subsidi :

1. Memanfaatkan sisa lahan yang ada

Untuk setiap rumah subsidi biasanya memiliki sisa lahan di bagian samping atau belakang. Usahakan Anda memaksimalkan sisa lahan yang ada selama tidak melanggar ketentuan berlaku. Misalnya, renovasi rumah subsidi type 30,32  atau 36 dengan memperluas bagian belakang menjadi dapur atau membuat taman di samping rumah itu untuk batas-batasnya harus tau aman batas aman lahan kalian dengan tetangga rumah kalian.Sebelum kalian renovasi kalian bisa koordinasikan dengan developer kalian masing-masing biar lebih jelas.

2. Boleh membangun pagar

Untuk menambahkan pagar anda bisa merancang pagar Rumah subsidi tampak depan dengan menambahkan pagar agar terlihat lebih cantik sekaligus keamanannya lebih terjamin.Karena pada umumnya biasanya tidak dilengkapi dengan pagar.Sebelum membangun pagar depan anda juga harus tau batas-batas depan dan area samping kanan dan kiri.

3. Tidak mengubah fasad / tampak

Salah satu juga larangan renovasi rumah subsidi adalah mengubah fasad/tampak. Ketika membeli rumah subsidi, Anda tidak diperkenankan untuk merubah fasad dalam waktu tertentu, biasanya setelah 5 tahun berjalan. Namun, jika sudah lewat 5 tahun, Anda bisa mengubahnya sesuai keinginan Anda.

4. Bisa dijadikan 2 lantai

    Sama halnya seperti mengubah fasad, renovasi rumah subsidi menjadi 2 lantai baru bisa Anda lakukan setelah berjalan 5 tahun. Jika dilakukan renovasi sebelum 5 tahun itu sama ajah anda merubah ukuran typr rumah jadi lebih, maka Anda berpotensi melanggar aturan. Namun, Anda tetap bisa melakukannya kok nanti!

5. Memperbaiki kekurangan

Renovasi pada rumah subsidi yang diperbolehkan sejak awal salah satunya adalah memperbaiki kekurangan. Misalnya, di saat hujan atap genteng rumah Anda ada yang bocor sejak awal dibangun, maka Anda bisa mengajukan renovasi terhadap atap tersebut.

6. Tidak boleh memperluas lahan

Pemerintah telah mengatur batasan luas lahan terhadap rumah subsidi, yaitu paling rendah 60 meter persegi dan tertinggi mencapai 200 meter persegi. Sementara batasan luas bangunan paling rendah 21 meter persegi dan tertinggi 36 meter persegi.

Merujuk pada aturan tersebut, pastikan bahwa renovasi pada rumah subsidi Anda tidak melewati batas tanah maupun bangunan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jika sampai melanggar, Anda bisa dikenai risiko berupa pencabutan subsidi oleh pihak bank,

7. Lebih dulu lapor ke pihak bank

Langkah paling penting dalam syarat renovasi rumah subsidi adalah melaporkan pada bank penyalur KPR atau biasanya ke pada pihak developernya.jadi nntinya akan dijelaskan juga oleh pihak developer mana yang boleh direnovasi mana yang tidak agar tidak ada kesalahan dalam renovasi rumahnya.