Sabtu, 07 Mei 2022

Apa itu Jurusan Teknik Sipil ? Harus Baca Kamu Yang mau masuk jurusan Teknik Sipil


Halo, selamat siang semuanya, Kali ini saya akan menjelaskan apa itu jurusan teknik sipil itu penting?,menurut saya sangat lah penting,ini adalah gambaran tentang Apa itu jurusan Teknik Sipil secara singkat ,Apa itu jurusan Teknik Sipil ,teknik sipil adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana kita membangun merancang merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur tapi juga lingkungan dan kemaslahatan hidup manusia itu, jadi Teknik Sipil itu adalah singkatnya kaya ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara kita merancang merencanakan membangun merenovasi suatu bangunan konstruksi atau infrastruktur Kayak misalnya kalau kalian lihat gedung rumah Jalan Raya,Jalan Tol,Bandara,rel kereta api, drainase dan jembatan itu adalah tugasnya seorang Teknik Sipil jadi bisa dibilang juga kalau ilmu teknik sipil ini adalah ilmu yang menurut saya sangat penting banget di dunia ini karena tanpa adanya ilmu teknik sipil kita enggak akan lagi bisa lihat yang namanya gedung,jembatan dan rumah sekalipun ini yang lagi kita tinggalin itu adalah kerjanya orang-orang Teknik Sipil jadi bisa dibilang ya kalau misalnya enggak ada orang Teknik Sipil di dunia ini ya maka tidak akan ada bangunan-bangunan semegah itu dan sebagus itu.

bedanya apa sih jurusan Teknik Sipil sama jurusan arsitektuer,Jadi sebenarnya saya sendiri pun juga tidak pernah kuliah arsitek,saya cuman jurusan Teknik Sipil jadi itu lebih gampangnya kalau Teknik Sipil itu kita itu lebih kepada merencanakan menghitung struktur bangunan dan juga kita menghitung kekuatan pondasi, menghitung kekuatan balok dan kolom dari suatu struktur itu apakah struktur itu kuat menopang gedung seberat itu menopang banyak manusia di dalamnya menopang beban hidup dan beban mati dan juga beban angin sama beban gempa dan lain sebagainya.

 sedangkan kalau arsitektur itu dia itu lebih kepada yang mendesain gedung itu seperti bagiamana bagusnya desain arsitektur dilihat dari luar terlihat tampilan luarnya itu adalah kerjaannya orang arsitektur tapi kalau Teknik Sipil itu lebih kepada menghitung kekuatan gedungnya jadi perbedaan dasar itu kalau Teknik Sipil itu lebih kepada menghitungnya kalau arsitektur itu lebih kepada mendesain bangunnan maksudnya seindah mungkin gitu kayak memperhatikan keindahan desain luar dan dalam, ibaratnya nah disitu biasanya timbul pertanyaan bang Berarti kalau gitu gue nggak perlu gambar dong kalau di teknik sipil jawabannya benar banget.

kalian di Teknik Sipil itu tidak perlu jago-jago banget gambar karena di Teknik Sipil itu mayoritas kita tuh lebih kepada menghitung daripada kita menggambar karena kita gambar disini pun juga bukan gambar keindahan melainkan kita tuh menggambar teknik jadi lebih kepada kayak gambar gimana orang yang melihat gambar itu tuh paham sama apa yang kita gambar gitu kayak gua dari kecil dari SD kagak pernah yang namanya bikin gambaran bagus gua Kalau gambar selalu gambar-gambar gunung dan ada satu matahari dan ada sawah di bawahnya..haha, tapi nyatanya gue bisa di teknik sipil dan gambar kayak gitu karena memang sukanya bukan gambar keindahan melainkan gambar teknik.

Gambar apa aja sih yang sering digambar oleh Teknik Sipil? Yaitu gambar denah rumah, gambar tampak atas, tampak samping, tampak belakang, tampak depan,potongan melintang,potongan memanjang ,itu nanti semua bakalan kalian pelajari kalau udah masuk Teknik Sipil Nanti kalian bakal ngerasa kok.Nah pelajaran apa aja sih yang harus kita kuasai kalau kita mau masuk jurusan Teknik Sipil?

 Jadi menurut saya pelajaran yang penting itu ada dua yaitu matematika dan fisika menurut gua dua pelajaran itu adalah pelajaran utama kalau kalian akan masuk Teknik Sipil karena diduga pelajaran itu ibaratnya kuncinya dari teknik sipil, kalau misalnya kalian jago matematika kalian jago fisika dan kalian minimal ya paham lah sama soal-soal yang berkaitan selamat matikan fisika ya Insyaallah kalian bakalan ngejalanin Teknik Sipil pun juga dengan gampang,maksudnya nggak susah-susah banget ketimbang daripada orang yang sama sekali nggak ngerti mtk nggak fisika itu bakalan lebih sulit menurut saya,karena di teknik sipil itu lebih kepada menghitung dan teknik sipil sendiri itu ada lima cabang yaitu

1. Struktur

Jadi kita bahas mulai dari yang pertama yaitu cabang struktur jadi struktur itu adalah kayak kita tuh menghitung seberapa kuat bangunan ini untuk menopang seberapa kuat baloknya seberapa kuat kolomnya Jadi intinya di struktur itu kita lebih merencanakan bangunannya seperti Apakah bangunan itu kuat Apakah bangunan itu nanti bisa menahan beban yang begitu besar ada beban mati, beban hidup, beban angin, beban gempa, beban manusia

2. Geoteknik

  ketika kalian masuk Teknik Sipil karena tidak semester 1 kalian itu pasti Menemukan yang namanya Pelajaran Mekanika Teknik atau yang biasa disebut statika Jadi kita disitu tuh lebih kepada cara merencanakan pondasi Apakah pondasi itu kuat untuk menopang bangunan segitu besar gitu terus kita mencari lapisan tanah yang kuat untuk dibangunin gedung itu di kedalaman beberapa meter terus nanti kita juga belajar tentang konsolidasi tanah nah konsolidasi tanah kayak ibaratnya setelah mengetahui seberapa besar penurunan tanah yang bakalan terjadetika kalian masuk Teknik Sipil karena tidak semester 1 kalian itu pasti Menemukan yang namanya Pelajaran Mekanika Teknik atau yang biasa disebut statika Jadi kita disitu tuh lebih kepada cara merencanakan pondasi Apakah pondasi itu kuat untuk menopang bangunan segitu besar gitu terus kita mencari lapisan tanah yang kuat untuk dibangunin gedung itu di kedalaman beberapa meter terus nanti kita juga belajar tentang konsolidasi tanah nah konsolidasi tanah kayak ibaratnya setelah mengetahui seberapa besar penurunan tanah yang bakalan terjadi

3. manajemen konstruksi

Ilmu manajemen konstruksi Jadi itu kita lebih kepada ke hal-hal yang bersangkutan dengan perekonomian jadi kayak misalnya pengembalian modal perizinan terus menjadi orang pekerjaan berapa pekerja yang dibutuhkan alat-alat apa saja yang dibutuhkan selanjutnya material-material apa aja yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu proyek

4. transportasi

bidang transportasi Jadi itu kita di transportasi belajar mengenai sistem transportasi dalam pelaksanaan dan perencanaannya Jadi kalau misalnya proyek Jalan Raya ,kereta api itu semua yang bikin orang-orang Teknik Sipil misalnya kalian lagi jalan keluar rumah naik mobil atau motor kalian lihat lampu lalu lintas kok kadang kalian mikir kok lampunya merahnya lama banget tampungnya cepat banget itu semua ada hitung-hitungannya di pelajaran teknik sipil ini begitupun juga sama dengan yang namanya tebal perkerasan jalan raya itu yang bikin anak tapi sipil terus kita juga harus menghitung Apakah aspal yang kita buat itu bisa untuk kendaraan yang berat-berat itu lewat di situ jadi bisa dibilang ilmu teknik sipil ini luas banget.

5. Hidrologi

 Ilmu hidrologi jadi sesuai dengan namanya hidrologi kita tuh belajar tentang ilmu keairan Jadi kalau misalnya kalian lihat Bendungan, irigasi, saluran drainase itu semua yang bikin adalah orang-orang teknik sipil di bagian hidrologi jadi itu singkatnya di ilmu hidrologi itu kita lebih kepada Menghitung debit aliran misalnya Menghitung debit air sungai terus kita menghitung Bagaimana merencanakan saluran drainase supaya air itu bisa mengalir dari yang hulu ke hilir begitupun juga kita harus membuat saluran irigasi untuk di sawah-sawah itu tugasnya dari seorang Teknik Sipil

Dari kelima bidang teknik sipil itu mempunyai tujuan yang berbeda.

Nah mungkin banyak yang dari kalian bakal nanyain Bang nanti tuh di Teknik Sipil banyak praktikumnya enggak sih Oh ya jelas jika kalian mengambil jurusan Kuliah teknik sipil itu ada praktikum bikin beton, praktikum bikin aspal, terus ada praktikum mekanika tanah, kita ngebor tanah untuk mencari konsolidasinya terus nanti kita ada kuliah lapangan manajemen konstruksi itu kita melihat bagaimana proyek itu berlangsung pembangunannya terus juga ada nanti yang namanya praktikum mekanika fluida jadi kita menghitung debit aliran.

Untuk kalian buat yang mau ngambil jurusan Kuliah teknik sipil itu sangat bagus sekali dan harus mantep kan,dan juga untuk kalian yang masih kuliah di teknik sipil tetap selalu semangat sampai kuliah selesai.


Omah Sipil adalah Blog yang seputar ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang/merencanakan, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Selengkapnya klik di sini...

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :


EmoticonEmoticon