Sabtu, 16 April 2022

Syarat yang harus kalian tau sebelum Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Aturan Pemerintah

Tags

 

Inilah Syarat yang harus kalian tau sebelum Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Aturan Pemerintah


Sebelum kita bahas syarat dari sebelum renovasi rumah subsidi,kalian harus tau juga apa itu Rumah subsidi?

Rumah subsidi adalah hunian dengan harga terjangkau sebagai bentuk program pemerintah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah. Biasanya, harga 1 unit rumah subsidi dipatok dengan di bawah pasaran.

Biasanya, rumah subsidi ini diperuntukkan khusus bagi masyarakat yang memiliki penghasilan tidak lebih dari Rp4 juta per bulan. Tidak hanya pemerintah saja, namun sudah banyak lembaga swasta turut mengadakan program rumah subsidi.

 

Untuk kalian yang sudah memiliki rumah bersubsidi, maka tidak bisa sembarangan dalam melakukan perombakan atau renovasi rumah. Ada beberapa hal yang menjadi larangan renovasi rumah subsidi. Tetapi, jangan khawatir, karena hal itu tidak akan membatasi kreasi renovasi rumah Anda untuk menjadi lebih menarik lagi. Inilah  syarat-syaratnya yang harus kalian lakukan sebelum renovasi rumah subsidi :

1. Memanfaatkan sisa lahan yang ada

Untuk setiap rumah subsidi biasanya memiliki sisa lahan di bagian samping atau belakang. Usahakan Anda memaksimalkan sisa lahan yang ada selama tidak melanggar ketentuan berlaku. Misalnya, renovasi rumah subsidi type 30,32  atau 36 dengan memperluas bagian belakang menjadi dapur atau membuat taman di samping rumah itu untuk batas-batasnya harus tau aman batas aman lahan kalian dengan tetangga rumah kalian.Sebelum kalian renovasi kalian bisa koordinasikan dengan developer kalian masing-masing biar lebih jelas.

2. Boleh membangun pagar

Untuk menambahkan pagar anda bisa merancang pagar Rumah subsidi tampak depan dengan menambahkan pagar agar terlihat lebih cantik sekaligus keamanannya lebih terjamin.Karena pada umumnya biasanya tidak dilengkapi dengan pagar.Sebelum membangun pagar depan anda juga harus tau batas-batas depan dan area samping kanan dan kiri.

3. Tidak mengubah fasad / tampak

Salah satu juga larangan renovasi rumah subsidi adalah mengubah fasad/tampak. Ketika membeli rumah subsidi, Anda tidak diperkenankan untuk merubah fasad dalam waktu tertentu, biasanya setelah 5 tahun berjalan. Namun, jika sudah lewat 5 tahun, Anda bisa mengubahnya sesuai keinginan Anda.

4. Bisa dijadikan 2 lantai

    Sama halnya seperti mengubah fasad, renovasi rumah subsidi menjadi 2 lantai baru bisa Anda lakukan setelah berjalan 5 tahun. Jika dilakukan renovasi sebelum 5 tahun itu sama ajah anda merubah ukuran typr rumah jadi lebih, maka Anda berpotensi melanggar aturan. Namun, Anda tetap bisa melakukannya kok nanti!

5. Memperbaiki kekurangan

Renovasi pada rumah subsidi yang diperbolehkan sejak awal salah satunya adalah memperbaiki kekurangan. Misalnya, di saat hujan atap genteng rumah Anda ada yang bocor sejak awal dibangun, maka Anda bisa mengajukan renovasi terhadap atap tersebut.

6. Tidak boleh memperluas lahan

Pemerintah telah mengatur batasan luas lahan terhadap rumah subsidi, yaitu paling rendah 60 meter persegi dan tertinggi mencapai 200 meter persegi. Sementara batasan luas bangunan paling rendah 21 meter persegi dan tertinggi 36 meter persegi.

Merujuk pada aturan tersebut, pastikan bahwa renovasi pada rumah subsidi Anda tidak melewati batas tanah maupun bangunan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jika sampai melanggar, Anda bisa dikenai risiko berupa pencabutan subsidi oleh pihak bank,

7. Lebih dulu lapor ke pihak bank

Langkah paling penting dalam syarat renovasi rumah subsidi adalah melaporkan pada bank penyalur KPR atau biasanya ke pada pihak developernya.jadi nntinya akan dijelaskan juga oleh pihak developer mana yang boleh direnovasi mana yang tidak agar tidak ada kesalahan dalam renovasi rumahnya.

Omah Sipil adalah Blog yang seputar ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang/merencanakan, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Selengkapnya klik di sini...

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :


EmoticonEmoticon