Sabtu, 16 April 2022

Apa Perbedaan Gambar Antara Shop Drawing dan Asbuilt Drawing?

   

  Haloo Sobat semuanya,Kali ini omahsipil.com akan menjelaskan tentang gambar yang ada dalam konstruksi.

Setiap Konstruksi,gambar kerja adalah hal yang sangat penting dan wajib yang harus ada,karena gambar kerja ini digunakan untuk acuan merealisasi ide perencanaan ke dalam wujud fisik.Semua orang yang terlibat dalam proses pembangunana konstruksi itu harus mengerti gambar tersebut.

Salah satunya adalah gambar kerja yang ada di dalam pembangunan konstruksi adalah gambar shop drawing dan gambar asbuilt drawing.

Untuk kalian yang baru saja memulai belajar tentang ilmu bangunan tentu saja harus mengetahui fungsi dan macam-macam jenis gambar,salah satu nya  yaitu gambar shop drawing dan asbuilt drawing.

Secara sederhana, pengertian shop drawing adalah gambar teknis lapangan yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan pekerjaan. Shop drawing ini dibuat oleh kontraktor, yang diajukan approval terlebih dahulu ke MK/Konsultan Pengawas/Owner, sebeleum mulai dikerjakan.

Sedangkan As built drawing adalah gambar realisasi yang sesuai dengan keadaan di lapangan, baik pemasangan, peletakan dan bentuk, pada saat pembangunan konstruksi selesai.

 

Menurut Fungsinya Perbedaan Shop Drawing dan As-Built Drawing adalah

Shop drawing berperan sebagai media komunikasi antara perencanaan dan pelaksanaan, berisi tentang detail perencanaan dari pembuatan komponen konstruksi dan digunakan pada proses instalasi untuk mempermudah proses pemasangan.

Pembuatan shop drawing merupakan bagian terpenting dari proses konstruksi, karena Shop drawing berperan sebagai acuan gambar yang jelas dan detail bagi pelaksana di lapangan agar terhindar dari kesalahan yang mengakibatkan re-work, pembengkakan waktu dan biaya,

Shop drawing dapat membantu kegiatan pengendalian pada kegiatan perhitungan terhadap kebutuhan jumlah/volume material, sehingga optimalnya ketepatan perhitungan biaya dan pembelian suatu material.

Sedangkan as-built drawing berfungsi untuk menunjukkan adanya perubahan yang terjadi antara gambar rencana, shop drawing, dan realisasinya. As-built drawing berguna untuk pengelolaan fisik suatu proyek setelah pelaksanaan konstruksi diselesaikan. Pembuatan as-built drawing akan mempermudah kontraktor dalam merekap semua perubahan yang terjadi sebagai amandemen terhadap dokumen kontrak asli.

Nah itulah Perbedaan Shop Drawing dan As-Built Drawing,semoga bermanfaat buat kalian semuanya,,,,

Omah Sipil adalah Blog yang seputar ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang/merencanakan, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Selengkapnya klik di sini...

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :


EmoticonEmoticon